Monday, January 27, 2014

Cara Berkendara Hemat BBM

Yuk Simak Cara Berkendara Hemat BBM

Apakah masih ada orang penasaran bagaimana cara berkendara hemat BBM? jika belum tahu, bagaimana dan apa gunanya Anda membeli produk yang di katakan penghemat BBM? tentunya pasti Anda mengatakan produk tersebut tidak ada efeknya. Tanpa disadari si pengendaralah yang tidak mengerti dengan jelas bagaimana cara berkendara hemat bbm.

Disini akan di kupas tuntas bagaimana berkendara hemat BBM.

Yuk, bagi yang belum mengetahui silahkan di simak. Pada umumnya semua jenis kendaraan sama, asalkan membawa kendaraan tidak sembarangan dan mengikuti aturan pasti akan hemat. Betul, kalau kita bawa kendaraan tidak balap terus menerus atau dengan kata lain RPM tidak di geber tinggi pasti akan hemat. Ya memang benar, tapi pertanyaannya bisakah menghemat dengan total?

Baik, kita simak penjelasannya. Jika kendaraan anda mempunyai RPM Meter akan lebih baik di pantau, awalnya memang akan susah mengikuti atau membiasakan diri dalam hal ini. Tetapi seiring waktu anda akan terbiasa.

Biasakan membawa kendaraan di mulai dari posisi gigi 1 dengan RPM tidak lebih dari 1500 dan pindahkan
gigi 1 ke gigi 2, RPM 1500 juga pindahkan gigi 2 ke gigi 3. Dan gigi 3 bisa kita geber sampai RPM 2000 untuk mendapatkan laju kendaraan yang enak dan tidak pelan tetapi juga tidak terlalu cepat. Saat RPM di posisi gigi 3 mencapai 2000 pindahkan posisi gigi 3 ke gigi 4. Maka kecepatan yang anda dapatkan lebih enak kebanding anda membawa kendaraan yang terus menerus mengeber RPM tinggi. Lalu? bagaimana gigi 5? Anda mau melaju dengan kecepatan berapa sampai perlu gigi 5? Kalau saya keluar kota kan jalan sepi tuh, nah terus bagaimana? Boleehhh... Gunakan RPM 2000 atau lebih baik pada saat SPEEDO METER di 60 - 65 Km/Jam dan pindahkan gigi ke posisi gigi 5.

Pada saat anda mau berhenti ataupun melambat, sesuaikan kecepatan kendaraan anda dan menurunkan posisi gigi, jangan paksakan kendaraan anda posisi gigi yang tidak seharusnya dan menggeber RPM tinggi agar tetap jalan, karena hal ini membuat kendaraan anda menarik BBM anda lebih banyak.

Pada saat kecepatan di SPEEDO METER dari posisi gigi 5 mau turun ke 4, pastikan kecepatan pada posisi 60 Km/Jam dan ke posisi 3 pada kecepatan 35 - 40 km/jam. Kecepatan 30 - 20 km/jam turunkan gigi ke posisi 2 dan dibawah kecepatan 20 km/jam turunkan posisi gigi ke 1 sampai berhenti.

Bagaimana jika motor saya tidak ada RPM?

Sangat gampang, patokan saja dari SPEEDO METER kecepatan laju motor anda seperti yang telah di jelaskan diatas.

Sisi lain dari memastikan kendaraan anda bisa menjadi hemat BBM adalah 
  1. Pastikan muatan kendaraan anda tidak melebihi kapasitas.
  2. Pastikan angin pada ban roda kendaraan anda tidak dibawah tekanan angin standar. Lihat aturan tekanan angin pada ban anda di buku panduan kendaraan anda.
  3. Pastikan kondisi mesin kendaraan anda sedang dalam keadaan baik dan normal.
  4. Lakukan servis berkala pada kendaraan anda.
  5. Periksa kondisi oli, jika oli sudah lama tidak di ganti juga adalah salah satu faktor terjadi pemborosan BBM.

Semua hal dan faktor dapat menjadi pendukung antara terjadi pemborosan ataupun penghematan. Jika memang terjadi penghematan, tentunya sangat menguntukan kita saat ini. Apalagi saat ini harga BBM semakin melonjak tinggi.

Solusi produk apa kira - kira menurut anda bisa jadi penghemat BBM? menurut saya dan pengalaman banyak orang. Norival termaksud produk yang baik untuk solusi penghemat BBM dan meminimaliskan perawatan kendaraan anda.

Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman dasar anda,

No comments:

Post a Comment