Pengujian Norival oleh PT Petrolab
Premium Murni (No. 00112/BBM/SO/03/13)
No Lab: 00138/F/13
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 88,7
Motor Octance Number (MON): 79,5
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 88,7
Motor Octance Number (MON): 79,5
Hasil lengkap test ini:
Premium + Norival Gold (No. 00114/BBM/SO/03/13)
No Lab: 00140/F/13
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 92,5
Motor Octance Number (MON): 83,5
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 92,5
Motor Octance Number (MON): 83,5
Hasil lengkap test ini:
Penjelasan Hasil Uji :
- Peningkatan signifikan dengan 2 tetes per liter BBM Premium menunjukkan peningkatan angka Ron dan MON.
- Angka MON sangat penting karena berpengaruh pada kekuatan putaran tinggi dimesin. Nilai RON yang tinggi tidak cukup untuk memastikan mesin bekerja dengan baik pada putaran tinggi.
- Nilai GUM / Getah tetap stabil ( tidak bertambah ) dibawah parameter normal. Bila nilai GUM melebihi nilai Typical ( 5 ), akan membuat BBM sangat lengket dan sulit terbakar. Ujung2nya lebih berpotensi menimbulkan kerak karbon. Minyak atsiri Norival sangat berkualitas dan telah melewati proses Degumming. Dosis yang kecil (2 tetes pe liter), juga sangat membantu menjaga kebersihan BBM.
Selalu gunakan Produk Norival pada kendaraan anda agar performa tetap
mantap dan kualitas BBM meningkat. Performa yang baik berawal dari BBM
yang baik.
Pengujian Norival Oleh TABLOID MOTOR PLUS
Banyak beredar peningkat oktan bensin.
Katanya mampu menghemat 30-40%. Katanya lagi, dengan menambah aditif ke
bensin jenis Premium bisa seperti Pertamax, atau Pertamax bisa jadi
Pertamax Plus.
Merasa tak yakin, coba dilakukan
pengujian. Apa benar bisa hemat bensin atau malah tambah boros. Diambil
sample 1 produk peningkat oktan model cair merek Norival Energy Fuel
Enhancer tipe G (Gold). Seharga Rp 45 ribu, tiap 1 botol kecil isi 12 ml
terkandung minyak atsiri murni. Diteteskan ke bensin dengan
perbandingan 1 ml untuk 15 liter, atau 2 tetes untuk 1 liter.
Tes menggunakan Dynojet 250i milik Aero
Speed di Jl. H Nawi Raya, No. 74, Jakarta Selatan, telepon (021)
7201190. Menggunakan Yamaha Scorpio 2005 karbu PE 28. Pilot-jet 55 dan
main-jet 115.
Running pertama hanya Premium. Daya yang
didapat 17,21 HP, tapi di rpm bawah, grafik power pertama alami
penurunan karena campuran bahan bakar terlalu kaya. “Tapi, di rpm 5.500,
grafik AFR berada di 1 : 14,” terang Mohamad Yuda alias Gendung sebagai
operator Dynotest.
Kondisi campuran ideal 1 : 14,7. Artinya
1 molekul bensin terbakar tuntas dengan 14,7 molekul udara. Namun
realnya supaya motor adem dan awet pasnya 1 : 13. Lebih banyak bensin.
Tes kedua, campuran bensin dan aditif dimasukkan ke tabung khusus agar
takarannya jelas. Tabung diisi Premium 500 ml dicampur 1 tetes cairan
Norival Gold.
Motor kembali dites dan hasilnya power
alami kenaikan jadi 17,59 HP. Bahkan grafik AFR menuju titik 1 : 13,5.
Menandakan campuran jadi basah atau kaya bensin, spuyer minta dikecilin.
Menggunakan aditif jadi lebih irit, asal spuyer dikecilin 1 step. Atau
minimal harus seting setelan angin. Supaya tidak terlalu kaya bensin
yang berakibat malah boros dan berkerak.
Terakhir, tes Pertamax murni. Hasilnya,
di putaran bawah grafik AFR menunjukan masih terlalu kaya, namun terus
melonjak mendekati perbandingan ideal. Dan power yang didapat 17,65 HP
atau 0,06 HP lebih kecil dari Premium yang ditetesi cairan. Tapi, angka
ini sangat kecil Bisa dikatakan bias. (motorplus-online.com)
Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus (Sumber: tabloid motorplus)
Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus (Sumber: tabloid motorplus)
Untuk pengujian yang lain, silakan kunjungi link ini.
Dynotest – BAJAJ Pulsar 220
“Dgn Norival Gold, Performa Bajaj Pulsar 220 Naik Drastis”
Data & spesifikasi unit kendaraan yang diuji:
- Nama pemilik: Dave
- Merek/Tipe: BAJAJ PULSAR 220
- No Polisi: B 3259 THR
- Tahun Perakitan: 2011
- Modifikasi: Knalpot ABBYS, Mj (main Jet) naik 1 step dari 115 menjadi 118.
- Jenis BBM: Premium
- Tipe Norival EFE: Gold
- Dosis yang digunakan: 2 tetes / Ltr
- Nama pemilik: Dave
- Merek/Tipe: BAJAJ PULSAR 220
- No Polisi: B 3259 THR
- Tahun Perakitan: 2011
- Modifikasi: Knalpot ABBYS, Mj (main Jet) naik 1 step dari 115 menjadi 118.
- Jenis BBM: Premium
- Tipe Norival EFE: Gold
- Dosis yang digunakan: 2 tetes / Ltr
Berdasarkan record sebelumnya,dengan
menggunakan BBM Premium, Bajaj pulsar 220 – B3259THR mendapatkan
hasil:18.4dk.Pengetesan selanjutnya dilakukan pada tanggal
11-11-2011,hasil dyno test menunjukkan peningkatan menjadi:
- Max Power: 19.587dk/8557RPM
- Max Torque:18.131nm/6962RPM.
( klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )
( klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )
Lokasi: Rextor – Dynamo Meter: Global Dyno, Roller Inertia: 1.5
Pada tanggal 1 Maret 2012 dilakukan uji Dyno Test kembali di tempat dengan kendaraan yang sama, tanpa dilakukan penyetingan ulang, dengan hasil:
Pada tanggal 1 Maret 2012 dilakukan uji Dyno Test kembali di tempat dengan kendaraan yang sama, tanpa dilakukan penyetingan ulang, dengan hasil:
- Max Power: 20.271dk/8471RPM
- Max Torque:18.648nm/7234RPM
- Max Torque:18.648nm/7234RPM
( klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )
Kondisi dyno kedua termasuk BELUM MAKSIMAL menurut sang pemilik, Hal ini dikarenakan kondisi mesin belum sempat mengalami perawatan berkala: Klep sedikit renggang dan rantai kendur. Namun hasil uji yang didapat tetap memuaskan sang pemilik. Pemilik motor sangat yakin performa motornya akan meningkat jauh setelah service dilakukan.
Kesimpulan: Hasil uji ini menunjukkan produk Norival Energy fuel Enhancer dapat memberikan perawatan secara berkala dengan memaksimalkan kinerja mesin, seiring dengan penggunaannya. Busi berwarna merah bata cerah menunjukkan pembakaran maksimal & performa motor meningkat walaupun masa servis berkala terlewatkan.
Kondisi dyno kedua termasuk BELUM MAKSIMAL menurut sang pemilik, Hal ini dikarenakan kondisi mesin belum sempat mengalami perawatan berkala: Klep sedikit renggang dan rantai kendur. Namun hasil uji yang didapat tetap memuaskan sang pemilik. Pemilik motor sangat yakin performa motornya akan meningkat jauh setelah service dilakukan.
Kesimpulan: Hasil uji ini menunjukkan produk Norival Energy fuel Enhancer dapat memberikan perawatan secara berkala dengan memaksimalkan kinerja mesin, seiring dengan penggunaannya. Busi berwarna merah bata cerah menunjukkan pembakaran maksimal & performa motor meningkat walaupun masa servis berkala terlewatkan.
Sumber: Norival.
|
Pengujian Treatment Bertahap Norival Energy Fuel Enhancer
Norival Energy Fuel Enhanher juga tidak
terlepas dari hukum teknis mengenai bahan bakar, yaitu keseimbangan
pengaturan antara bahan bakar dan udara. Bahan bakar yang telah
ditingkatkan kualitasnya tetap membutuhkan pengaturan udara yang
seimbang dengan Air Fuel Ratio antara 13 – 14.
Norival menguji kemampuan treatment
bertahap tentang efek penyempurnaan pembakaran bahan bakar kendaraan.
Settingan dilakukan berbeda agar terlihat hail treatment yang jelas.
Spesifikasi pengujian
Jenis kendaraan yang digunakan : Sepeda Motor
Merek : Bajaj Pulsar 220cc DTS-I
Bahan bakar : Premium ( RON 88 )
Jenis Norival yang digunakan : Norival Gold ( kompresi 9:5 : 1 )
Merek : Bajaj Pulsar 220cc DTS-I
Bahan bakar : Premium ( RON 88 )
Jenis Norival yang digunakan : Norival Gold ( kompresi 9:5 : 1 )
Pada jarak tempuh 1100KM sengaja
dilakukan penyettingan basah pada AFR 10.4. Piston kembali dibuka pada
1700KM. Terlihat warna hitam yang menyebabkan kerak akibat AFR yang
terlalu Rich walau menggunakan Norival Energy Fuel Enhancer.
Setelah itu dilakukan penyettingan
kembali AFR pada angka 12.7. Piston kembali dibuka pada jarak tempuh
6690KM. Hasil pembakaran terlihat sangat baik dan kerak karbon semakin
menipis. Perhatikan tanda panah pada permukaan piston yang sangat jelas
terlihat menandakan kerak sangat tipis. Warna pembakaran menunjukkan
kesempurnaan pembakaran yang sangat baik.
Kemudian dilakukan penyettingan pada AFR
13.5. Saat sepeda motor mencapai jarak tempuh 8360KM, piston kembali
dibuka. Terlihat permukaan piston semakin bersih karena AFR sudah ideal
untuk kondisi dalam kota.
Warna pembakaran menunjukkan kesempurnaan. Konsumsi bahan bakar semakin irit dengan torsi dan horsepower meningkat signifikan.
Norival bekerja sangat baik pada pengujian treatment dan memberikan
peningkatan performa. Pada dasarnya aditif hanya membantu meningkatkan
kualitas bahan bakar. Namun pada prosesnya, pembakaran dari bahan bakar
memerlukan kondisi pengapian yang prima dan pengaturan udara yang
seimbang. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh mekanik bengkel. Norival
tidak bisa menggantikan peran mekanik secara total dalam merawat kondisi
kendaraan dan mesin.
Warna busi yang diperoleh pada penyettingan terakhir sangat baik dan terbukti pembakaran semakin disempurnakan.
Sumber: Norival.
No comments:
Post a Comment